Terapi Gangguan Tidur (Insomnia)

Terapi Gangguan Tidur (Insomnia)

Gangguan tidur dikenal oleh banyak kalangan masyarakat sebagai insomnia, namun gangguan tidur terbagi atas 2, yaitu dyssomnia yang berupa imsomnia, hipersomnia dan gangguan jadwal tidur jaga sedangkan parasomnia mencakup somnambulisme (sleepwalking), teror tidur (Night Terrors) atau mimpi buruk (Nightmare).

Gangguan tidur merupakan gejala kelainan dari tidur yang mencakup jumlah, kualitas, waktu tidur atau kejadian-kejadian abnormal pada orang sedang tidur.

Kelompok gangguan tidur adalah :

1. Dyssomnia
Gangguan dalam jumlah, kualitas atau waktu tidur. Penderita dapat menderita satu dari tiga macam gangguan tidur ini, yaitu terlalu banyak, terlalu sedikit tidur atau gangguan dalam jadwal atau pola tidur yang disebabkan oleh hal-hal emosional, misalnya :

a. Insomnia : Keluhan adanya kesulitan masuk tidur atau mempertahankan tidur, atau kualitas tidur yang buruk.
b. Hipersomnia : Kebutuhan tidur berlebihan, tidak pernah merasa lelah istirahat, meski sudah tidur semalaman sebagian sulit untuk bangun pada pagi hari.
c. Gangguan jadwal tidur jaga : Pola tidur-jaga dari individu tidak seirama dengan pola tidur-jaga yang normal (banyak diderita pada pekerja yang kerja malam-siang).

2. Parasomnia
Gangguan tidur berupa adanya kejadian-kejadian abnormal pada waktu tidur atau ketika baru bangun, banyak diderita oleh anak daripada orang dewasa dan jika mulai terjadinya sudah dewasa maka lebih kronis, contohnya :

a. Somnambulisme (Sleepwalking) : Penderita tidak responsif terhadap orang lain yang mencoba membangunkannya dan mereka lupa apa yang terjadi, penderita sering melakukan makan, membuka pintu maupun berjalan keliling rumah.
b. Mimpi buruk (Nightmare) : mimpi buruknya terjadi berkali-kali dan mereka menjadi distres karena mimpinya atau gangguan yang terjadi pada tidurnya.
c. Teror tidur : sering bangun sekonyong-konyong dan panik dan bukan karena mimpi buruk, terjadi gejala-gejala fisik selain adanya pengalaman psikologis yang berupa ketakutan. Gejala fisik itu berupa berkeringat, detak jantung cepat dan sesak nafas.

Beberapa gejala penyebab gangguan tidur adalah :
1. Sering berubah-ubah jam tidur /jam kerja
2. Bekerja pada malam hari
3. Penggunaan obat terlarang atau alkohol yang berlebihan
4. Efek samping obat
5. Kerusakan pada otak (stroke)
6. Stres/depresi
7. Gangguan kecemasan
8. Dll

Insomnia dalam ilmu pengobatan cina umumnya dan ilmu akupunktur khususnya disebut sebagai Se Ming, Se berarti hilang, Ming berarti tidur, etiologi :

1. Terlampau memeras otak, keinginan/harapan tidak tercapai sehingga Ci Limpa dan Jantung mengumpal, fungsi jantung terggangu, Sen yang disimpannya tak terpelihara baik, maka timbullah insomnia.
2. Pengumbaran nafsu birahi yang melemahkan Yin Ginjal.
3. Adanya api hati
4. Tidak teratur makan melukai limpa dan lambung.

Akupunktur berkhasiat terhadap penyakit ini dan memberikan hasil yang baik. Dengan penambahan pengobatan dalam bidang mental (Psikoterapi) akan didapat hasil yang lebih memuaskan.
“Accurate” Health Center merupakan klinik pengobatan dalam bidang psikologi, akupunktur dan refleksiologi menyediakan berbagai jenis pengobatan terutama pengobatan dalam penyakit insomnia. “Accurate” Health Center dapat memberikan psikoterapi yang berupa terapi kognitif untuk mempengaruhi pikiran dan kebiasaan-kebiasaan untuk tidur dan dapat mengobati gangguan kecemasan (depresi) melalui hipnoterapi jika diperlukan.

Penerapan yang paling efektif untuk penyakit insomnia (sulit tidur) adalah dengan menggunakan terapi akupunktur yang bertitik pusat pada daerah kepala, muka dan dada. Daerah kepala merupakan tempat pusat otak berkerja sehingga dapat mempengaruhi pikiran termasuk kondisi pikiran pada saat tidur, daerah muka merupakan tempat beradanya panca indera sehingga mempengaruhi seluruh aktifitas pancar indera pada saat ingin tidur kemudian daerah dada merupakan pusat jantung yang dapat mempengaruhi alirah darah pada seluruh tubuh kita. Oleh sebab itu, pengobatan tersebut akan berpusat pada tiga tempat tersebut untuk mempengaruhi kondisi tidur. Pengobatan akan diterapkan melalui penggunaan akupunktur pada titik-titik yang bersangkutan dan kemudian akan dipadu juga dengan pijat pengobatan untuk melemaskan otot-otot, angin, darah tersumbat atau adanya darah-darah yang kurang lancar di daerah kepala, muka maupun dada yang dapat menyebabkan gangguan tidur atau insomnia.

Titik-titik akupunktur yang sering digunakan untuk pengobatan insomnia adalah :

1. Titik utama : Shenmen, Neiguan, Sanyinjio
2. Limpu Xu dan kurang darah : Pishu, Xinshu, Yinbai
3. Jantung dan ginjal tidak seimbang : Xinshu, Shenshu, Taixi
4. Api Hati berkobar : Ganshu, Danshu, Wangu
5. Qi lambung tidak seimbang : Weishu, Zusanli

Pengobatan “Accurate” Health Center merupakan pengobatan tradisional/alternatif secara alamiah dan tanpa efek samping. “Accurate” Health Center tidak menggunakan obat tidur/obat anti depresi atau sejenisnya. Kami akan memberikan terapi secara psikologis dan pengobatan tradisional, seperti akupunktur, pijat pengobatan atau refleksi kaki untuk mengobati penyakit insomnia, tidak ketergantungan dan dapat sembuh total (dalam kurun waktu yang lama walaupun tanpa berobat lagi). Pengobatan cukup seminggu 2 kali dalam seminggu dan dalam sebulan sudah dapat terlihat hasilnya.

Hubungi “Accurate” Health Center untuk mendapatkan terapi insomnia.

“Accurate” Health Center Medan
Jl. Tilak No. 76 (Simpang Demak)
Telp. (061) 7322480
Medan

Website : http://www.accuratehealth.blogspot.com

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s